MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MENGGUNAKAN MEDIA AYAKAN KOPI PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A PAUD NUSA BANGSA JENGGLUNGHARJO KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

UUT NURUL FARIKHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0357

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan pada kelompok A Jengglungharjo di PAUD Nusa Bangsa tahun pelajaran 2016/2017 mengalami kesulitan dalam hal ketuntasan pada kemampuan mengenal angka. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran didominasi oleh guru, tidak adanya media yang digunakan, sehingga suasana belajar monoton dan antusias dari siswa sangat terbatas.Tujuan penelitian: untuk mengetahui dapat tidaknya mengembangkan kemampuan mengenal angka menggunakan media ayakan kopi pada anak-anak kelompok A PAUD Nusa Bangsa Jengglungharjo Kabupaten Tulungagung.Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian: anak didik kelompok A PAUD Nusa Bangsa Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 15 anak. Kesimpulan: pembelajaran menggunakan media Ayakan Kopi terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A di PAUD Nusa Bangsa Jengglungharjo Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada Pra tindakan ketuntasan belajar anak 27%, meningkat pada siklus I taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 60%, meningkat pada siklus II menjadi 73%, dan pada siklus III taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 94%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI