MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU KHADIJAH I KELURAHAN KARTOHARJO KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015


Author (Penulis)

SISWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0356P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pada Taman Kanak-Kanak yang menggunakan model pembelajaran kelompok, dengan alasan efektivitas dan efisien waktu dimana buku penunjang dianggap lebih praktis dalam pelaksanaan pembelajaran, guru hanya menggunakan kegiatan bercakap-cakap dan tanya jawab serta orang tua hanya mengutamakan pada kegiatan baca tulis dan berhitung. Hal ini membuat kegiatan belajar hanya sebagai rutinitas yang membosankan bagi anak-anak dan kurang termotivasinya anak mengikuti kegiatan belajar khusus pada pengembangan kemampuan berbicara, sehingga pada akhirnya tingkat capaian perkembangan kemampuan berbicara anak menjadi kurang optimal (rendah). Dalam penelitian ini, pengembangan kemampuan berbicara dilakukan dengan metode bercerita melalui kegiatan menceritakan kembali isi cerita gambar seri. Gambar seri merupakan media atau alat peraga yang terdiri dari beberapa gambar yang dituangkan dalam beberapa kertas yang terpisah, memuat keterkaitan isi cerita antara gambar yang satu dengan yang lainnya. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan kegiatan menceritakan kembali isi cerita gambar seri dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A TK Muslimat NU Khadijah I Kelurahan Kartoharjo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, antara lain a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Observasi. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa rencana kegiatan mingguan, rencana kegiatan harian, lembar penilaian unjuk kerja untuk anak didik dan lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan menerapkan kegiatan menceritakan kembali isi cerita gambar serti dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak Kelompok A TK Muslimat NU Khadijah I Kelurahan Kartoharjo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014-2015. Kata Kunci : Kemampuan berbicara, kegiatan menceritakan kembali isi cerita gambar seri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI