MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN STIK ANGKA ANAK KELOMPOK BI TK MUSLIMAT NU KHADIJAH I NGANJUK TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
DWI MUTI'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0355P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan di TK Muslimat NU Khadijah I Nganjuk tergolong masih kurang. Permasalahan ini disebabkan karena minimnya penggunaan media pembelajaran dan strategi mengajar guru yang kurang menarik bagi anak kelompok BI, sehingga kemampuan mengenal konsep bilangan belum berkembang dengan baik.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan permainan stik angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B1 TK Muslimat NU Khadijah I Nganjuk?”. Penelitian ini menggunakan pendekakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa-siswi kelompok B1 TK Muslimat NU Khadijah 1 Nganjuk sebanyak 24 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data berupa Rencana Kegiatan Mengajar (RKM), Rencana Kegaiatan Harian (RKH), lembar penilaian unjuk kerja untuk anak, dan lembar observasi guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan permainan stik angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B1 di TK Muslimat NU Khadijah I Nganjuk. Terdapat peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak yaitu pada pra tindakan hanya memperoleh rata-rata 47, 91%, pada siklus I mencapai 65, 6% dengan kategori belum berhasil, sehingga diadakan perbaikan-perbaikan pada siklus II dengan mengalami peningkatan sebesar 85, 4% dengan kategori tuntas. Oleh karena itu disimpulkan bahwa kemampuan konsep bilangan dengan permainan stik angka dapat meningkat.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, disarankan bagi penyelenggara Pendidikan PAUD hendaknya menyediakan alat peraga yang mampu menunjang perkembangan anak dan bagi guru hendaknya dapat mengembangkan permainan stik angka lebih bervariasi untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan, agar anak dapat aktif dalam proses kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Kemampuan mengenal konsep bilangan, permainan stik angka.