MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA III PELEM KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

KARYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0354

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca anak di Taman Kanak-Kanak masih rendah. Hal ini terlihat pada anak kelompok B masih banyak yang belum mampu membaca kata atau kalimat sederhana Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. “Apakah penerapan permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita III Pelem Kecamatan Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita III Pelem Kecamatan Campurdarat Tulungagung. Penelitian dilaksanakan 3 siklus, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) penerapan permainan “Kartu Huruf” dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik, 2) proses pembelajaran dengan “Kartu Huruf” dapat menimbulkan semangat untuk membentuk kata-kata dan belajar membaca, 3) hasil akhir penelitian Siklus I menunjukkan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 53,3%, akhir siklus II sebesar 66,7% dan akhir siklus III sebesar 80%. Berdasarkan rumusan masalah, rumusan hipotesis dan hasil pengujian selanjutnya disimpulkan bahwa “Penerapan permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita III Pelem Kecamatan Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015” dan disarankan 1) kepada Kepala TK Dharma Wanita III Pelem hendaknya berkenan menambah media kartu huruf di TK karena dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik, 2) kepada guru TK, hendaknya dapat menggunakan pembelajaran membaca dengan menggunakan media kartu huruf sebagai model pembelajaran alternatif di kelas untuk mengembangkan kemampuan anak dalam membaca, 3) kepada orang tua peserta didik TK, hendaknya memberikan stimulus anak dalam mengembangkan kemampuan membaca anak dengan media kartu huruf.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI