PERMAINAN PETUALANGAN ANGKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A PAUD NGUDI KAWERUH TANGGUNGGUNUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SITI JUMAITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0351

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membilang 1-10 masih rendah dan anak kurang berminat dan bosan terhadap pembelajaran membilang. Akibatnya suana kelas membosankan dan tidak aktif, yang menyebabkan hasil belajar anak rendah. Salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan membilang anak adalah dengan permainan petualangan angka. Permasalahan penelitian ini adalah”Apakah permainan petualangan angka dapat mengembangkan kemampuan anak dalam membilang 1-10 di kelompok A PAUD NGUDI KAWERUH Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) memperoleh data tentang kemampuan membilang 1-10 sebelum dilakukan tindakan. (2) melakukan tindakan berupa permainan petualangan angka sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan membilang 1-10. (3) mengumpulkan data tentang kemampuan membilang 1-10 setelah dilakukan tindakan. (4) mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membilang 1-10 antara sebelum dan setelah dilakukan tindakan.Penelitian yang dilaksanakan termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah 17 anak kelompok A PAUD Ngudi Kaweruh Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus menggunakan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan(RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian(RPPH), Lembar unjuk kerja anak dan lembar obsevasi guru. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh: (1) pada siklus I ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 35; (2) pada siklus II ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 70,5%; dan (3) pada siklus III ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 94,2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan petualangan angka dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan membilang 1-10 pada anak kelompok A PAUD Ngudi kaweruh Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun ajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI