MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN 5 - 20 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUNGA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B3 TK DHARMA WANITA MOYOKETEN KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

WINARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0346P

Abstract

ABSTRAK Winarsih : Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan 5-20 melalui penggunaan media bunga angka pada anak Kelompok B3 TK Dharma Wanita Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata Kunci : Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan, Media Bunga Angka. Penelitian ini berlatar belakang hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa penjumlahan dan pengurangan bilangan 5-20 di Taman Kanak – Kanak seringkali dianggap sulit sehingga anak tidak tertarik dalam belajar dan suasana pembelajaran di kelas, menjadi kurang bersemangat sehingga indikator tidak tercapai. Permasalahan peneliti adalah : apakah penggunaan media bunga angka dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan 5-20 ? Kemampuan penjumlahan adalah kemampuan menghitung dengan menambahkan untuk mengetahui banyaknya kumpulan benda atau bilangan, sedangkan kemampuan pengurangan adalah kemampuan menghitung dengan mengambil sehingga menjadi berkurang atau menjadi sedikit. adapun media yang digunakan adalah media bunga angka. Media bunga angka adalah media yang terdiri dari gamba bunga atau potongan kertas berbentuk bunga yang dibubugi angka atau lambang bilangan sehingga lebih menarik minat siswa untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dngan subyek penelitian anak Kelompok B3 TK Dharma Wanita Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar kerja siswa, lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar hasil penilaian perkembangan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dari hasil pratindakan ketuntasan sebesar 20%, pada siklus 1 meningkat menjadi 40%, pada siklus 2 menjadi 66,5% dan pada siklus 3 ketuntasan mencapai 87%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : melalui media bunga angka dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan 5-20 pada anak Kelompok B 3 TK Dharma Wanita Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : (1) Penggunaan media bunga angka mengembangkan kemampuan siswa (2) Guru perlu mengembangkan penelitian dalam penggunaan media bunga angka terus menerus untuk membuktikan bahwa media bunga angka sangat efektif dan menyenangkan untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Karena media bunga angka sangat efektif maka digunakan bagi guru taman kanak – kanak dapat menggunakan media bunga angka dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan 5-20 dan bagi Kepala Taman Kanak – Kanak disarankan untuk melakukan pengadaan media bunga angka sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran didalam kelas.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI