MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “SCRABBLE LETTER” PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B1, TK. DHARMA WANITA MOYOKETEN KEC. BOYOLANGU, KAB. TULUNGAGUNG, TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
PURWATI NOVIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0345P
Abstract
ABSTRAK
Purwati Novika : 2015, Meningkatkan Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana Menggunakan Media “Scrabble Letter” Pada Anak Didik Kelompok B1, Tk. Dharma Wanita Moyoketen Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Tahun Pelajaran 2014/2015
skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP KEDIRI pembimbing Drs. KUNTJOJO, M.Pd., M.Psi, 2015
Kata kunci : kemampuan membaca, kalimat sederhana, media scrablle letter.
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar. Pada jenjang ini perlu kemampuan membaca kalimat sederhana perlu ditingkatkan dan dibuat semenarik mungkin agar anak didik lebih tertarik dalam pembelajaran bahasa sederhana sehingga anak dapat berkomunikasi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari..
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan permainan scrablle letter dalam meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana pada anak, apakah media scrablle letter dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B1 TK Dharma Wanita Moyoketen dilaksanakan dengan 3 siklus, menggunakan instrument berupa RKH dan RKM.
Hasil bisa diketahui bahwa dari Pra tindakan hasilnya cukup jauh dari ketuntasan, selanjutnya melakukan siklus I mengalami kenaikan 6%, namun belum tuntas.
Selanjutnya siklus II mengalami kenaikan 40% namun juga masih belum mengalami ketuntasan, sehingga melakukan tindakan siklus III mengalami kenaikan 47% maka bisa dikatakan tuntas.
Simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada sesama guru agar tetap menggunakan media scrabble letter dalam pembelajaran, karena media ini mampu meningkatkan kemampuan membaca kepada anak..