MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN ANGKA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK - ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BENDUNGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
MUSINAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0340
Abstract
Penelitian inidilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti terhadap anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Bendungan, bahwa dalam proses pembelajaran pengembangan kemampuan mengurutkan angka, guru tidak menggunakan media atau permainan yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak didik masih sering salah dalam mengurutkan angka, sehingga kemampuan anak didik dalam mengurutkan angka menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah dapatkahmengembangkan kemampuan mengurutkan angka melalui permainan ular tangga pada anak-anak kelompok A TK Dharma Wanita Bendungan?Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Bendungan yang berjumlah 20 anak. Data yang dikumpulkan adalah data kemampuan mengurutkan angka dan data pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan datanya adalah unjuk kerja dan observasi.Hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui permainan ular tanggaterbukti dapat mengembangkan kemampuan mengurutkan angka pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Bendungan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar dari pra-tindakan sampai dengan siklus III yaitu pra-tindakan sebesar 40%, siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 70% dan siklus III sebesar 95%.