MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN ANGKA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK - ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BENDUNGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

MUSINAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0340

Abstract

Penelitian inidilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti terhadap anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Bendungan, bahwa dalam proses pembelajaran pengembangan kemampuan mengurutkan angka, guru tidak menggunakan media atau permainan yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak didik masih sering salah dalam mengurutkan angka, sehingga kemampuan anak didik dalam mengurutkan angka menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah dapatkahmengembangkan kemampuan mengurutkan angka melalui permainan ular tangga pada anak-anak kelompok A TK Dharma Wanita Bendungan?Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Bendungan yang berjumlah 20 anak. Data yang dikumpulkan adalah data kemampuan mengurutkan angka dan data pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan datanya adalah unjuk kerja dan observasi.Hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui permainan ular tanggaterbukti dapat mengembangkan kemampuan mengurutkan angka pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Bendungan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar dari pra-tindakan sampai dengan siklus III yaitu pra-tindakan sebesar 40%, siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 70% dan siklus III sebesar 95%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI