MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN DRAWING BOX PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SEPATAN KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
DWI RAHAYUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0338
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa di kelompok B TK Dharma Wanita Sepatan tahun ajaran 2016/2017 mengalami kesulitan pada setiap pembelajaran bidang pengembangan membaca permulaan. Hal ini ditunjukkan adanya hasil belajar anak didik yang masih mencapai rata-rata bintang dua. Permasalahan penelitian ini adalah apakah permainan drawing box dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Sepatan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016-2017? Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar penilaian unjuk kerja kemampuan membaca permulaan anak dan lembar observasi guru dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Sepatan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung sebanyak 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan drawing box meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan belajar pada pra tindakan sebanyak 40%, pada siklus I sebanyak 67 % dikategorikan kurang dan meningkat menjadi 87 % yang dikategorikan baik pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalahpenerapan permainan drawing box dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Dharma Wanita Sepatan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahunajaran 2016-2017.