MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10 MELALUI PERMAINAN BOLA LUNCUR PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA GANDONG KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
ATIK CHUSNIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0337
Abstract
Kemampuan anak dalam mengenal bilangan atau membilang perlu dikembangkan sejak usia dini. Berdasarkan observasi yang dilakukan di TK Dharma Wanita Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung pada Kelompok A didapatkan hasil bahwa kemampuan membilang 1 – 10 masih rendah. Hal ini disebabkan oleh peran anak dalam pembelajaran yang cenderung pasif, Selain itu, pembelajaran yang dilakukan guru monoton.Rumusan masalah penelitian ini yaitu : “Apakah permainan Bola Luncur dapat mengembangkan kemampuan membilang 1 – 10 anak kelompok A TK Dharma Wanita Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016-2017?”. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui bahwa melalui permainan Bola Luncur dapat meningkatkan kemampuan membilang 1 – 10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Yang berjumlah 11 anak dari 9 anak laki-laki dan 2 perempuan. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut : Pada siklus 1 berhasil mencapai 46%, siklus 2 mencapai 64%, siklus 3 mencapai 82% atau dikategorikan tuntas belajar. Dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil, yakni pembelajaran dengan media menara bertingkat dapat meningkatkan kemampuan membilang 1 – 10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016-2017.