MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENYEBUTKAN MACAM-MACAM RASA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK A TK PGRI PURWOREJO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

SITI ENDAH ROHMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0336P

Abstract

ABSTRAK SITI ENDAH ROHMI : Meningkatkan kemampuan kognitif dalam menyebutkan macam-macam rasa melalui metode eksperimen pada anak kelompok A Tk PGRI Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Skripsi, jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : kemampuan kognitif, menyebutkan macam-macam rasa,metode eksperimen Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran kemampuan kognitif dalam menyebutkan macam-macam rasa masih rendahdisebabkan karena guru masih menerapkan metode ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab dengan menggunakan media Majalah TK. Guru menerangkan bermacam-macam benda dengan rasanya masing-masing sambil menunjukkan gambar di majalah TK. Anak-anak memperhatikan kemudian guru memberikan tugas kepada anak-anak untuk menjodohkan gambar benda/bahan dengan tulisan nama rasa. Kegiatan berikutnya guru bertanya jawab dengan anak tentang rasa, ternyata masih banyak anak yang menjawab salah. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak yang rendah dan pada akhirnya hasil ketuntasan belajarpun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah ”Apakah penggunaan metode eksperimen dalam kegiatan menyebutkan macam-macam rasa dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK PGRI Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung?” Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam kegiatan menyebutkan macam-macam rasa pada anak kelompok A TK PGRI Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan metode eksperimen.Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi, dan hasil penilaian unjuk kerja anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan melalui eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam kegiatan menyebutkan macam-macam rasa pada anak kelompok A TK PGRI Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dibuktikan dari hasil rata-rata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 67%, kemudian pada siklus II sebesar 84% selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 95%. Dan untuk hasil rata-rata observasi kegiatan anak pada siklus I sebesar 65%, kemudian pada siklus II sebesar 75%, selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 90%. Jadi hipotesis penelitian ini dapat diterima yaitu penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen, dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam kegiatan menyebutkan macam-macam rasa pada anak kelompok A TK PGRI Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI