MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-20 MELALUI PERMAINAN PIRING ANGKA DAN BAHAN ALAM PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B1 TK AISYIYAH PULOSARI KECAMATAN NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

IDA KHOIRU UMMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0335P

Abstract

ABSTRAK Ida Khoiru Ummah : Meningkatkan kemampuan membilang 1-20 melalui permainan piring angka dan bahan alam pada anak didik kelompok B1 TK Aisyiyah Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : membilang 1-20, bermain, piring angka, dan bahan alam. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan membilang 1-20 atau mengenal konsep bilangan 1-20 di TK Aisyiyah Ngunut masih remdah, guru memberikan tugas mengerjakan LKS yang telah ada, hasilnya ada sebagian anak yang tidak mau mengerjakan tugas, sebagian anak hanya asal-asalan dan sebagian lain bermalas-malasan. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan piring angka dan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan membilang 1-20 pada anak didik kelompok B1 TK Aisyiyah Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B1 TK Aisyiyah Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan instrumen berupa pedoman unjuk kerja dan pedoman observasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan piring angka dan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan membilang 1-20 pada anak didik kelompok B1 TK Aisyiyah Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan bahwa permainan piring angka dan bahan alam dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membilang angka 1-20 pada anak TK. Adapun saran-saran yang dapat disampaikan adalah 1) untuk guru TK hendaknya dapat menggunakan pembelajaran membilang 1-20 dengan menggunakan media piring angka dan bahan alam sebagai metode pembelajaran alternatig di kelas untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya. 2) bagi orang tua hendaknya memberikan stimulus atau rangsangan dengan menyediakan piring angka dan bahan alam yang bisa menarik perhatian anak ketika di rumah. 3) bagi peneliti berikutnya hendaknya dapat menyediakan media yang lebih baik

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI