MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM KEMANDIRIAN MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KROMASAN KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
YULAIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0334P
Abstract
ABSTRAK
YULAIKAH : Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional dalam Kemandirian melalui Metode Proyek pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kromasan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Skripsi, jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Kata Kunci : kemampuan sosial emosional, kemandirian, metode proyek
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada proses pembelajaran kemampuan sosial emosional dalam kemandirian yang dilaksanakan di TK Dharma Wanita Kromasan masih rendah dikarenakan beberapa faktor penyebab kurangnya kemandirian anak, antara lain adalah: (1) Kurangnya pengenalan, stimulasi dan pembiasaan aktivitas yang berkaitan dengan kemandirian, yang seyogyanya dikenalkan dan dikembangkan sejak dini pada anak yang dimulai dari lingkungan rumah sebagai lingkungan pertama bagi anak dan sikap orangtua yang selalu membantu dan melayani anak; (2) Strategi pembelajaran yang digunakan guru masih kurang tepat sehingga menghambat kemandirian anak. Karena guru lebih menekankan pada kemampuan akademik anak dan kurang mengembangkan kepribadian yang ada pada diri anak khususnya kemandirian dan anak kurang mendapat kebebasan dalam menentukan pilihan sehingga anak menjadi kurang mandiri
Permasalahan penelitian ini adalah ”Apakah penggunaan metode proyek dapat meningkatkan kemampuan sosial emosionaldalam kemandirianpada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kromasan?”
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam kemandirian pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kromasan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan metode Proyek. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi guru dan anak.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan melalui metode proyek dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam kemandirian pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kromasan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dibuktikan dari hasil rata-rata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 69%, kemudian pada siklus II sebesar 83% selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 96%. Dan untuk hasil rata-rata observasi kegiatan anak pada siklus I sebesar 65%, kemudian pada siklus II sebesar 70%, selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 95%. Jadi hipotesis penelitian ini dapat diterima yaitu penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode proyek, dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kromasan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.