MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERMULAAN BERHITUNG MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PERSATUAN KALIWUNGU KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

ERLINA WIJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0332P

Abstract

ABSTRAK ERLINA WIJAYANTI : Meningkatkan kemampuan permulaan berhitung melalui kegiatan bermain kartu angka pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Skripsi, jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : kemampuan kognitif, permulaan berhitung, bermain kartu angka Pada proses pembelajaran kemampuan permulaan berhitung yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak sering mengadopsi pola-pola pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan buku-buku membaca yang berisi tulisan tanpa ada gambar pendukungnya sehingga seringkali guru kurang menggunakan media pembelajaran serta kurang dalam melibatkan anak-anak dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan permulaan berhitung kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Kaliwungu dengan menggunakan media kartu angka. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas anak. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kemampuan permulaan berhitung memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan permulaan berhitung pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Kaliwungu dibuktikan dari hasil rata-rata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 68%, kemudian pada siklus II sebesar 82% selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 96%. Dan untuk hasil rata-rata observasi kegiatan anak pada siklus I sebesar 58,82%, kemudian pada siklus II sebesar 70,59%, selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 94,12%. Jadi hipotesis penelitian ini dapat diterima yaitu penerapan pembelajaran dengan menggunakan media kartu angka, dapat meningkatkan kemampuan permulaan berhitung pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI