MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA PUZZLE 3 DIMENSI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA CERME KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

RINAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0331

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam kemampuan membaca di TK Dharma Wanita Cerme, media pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi guru hanya menggunakan buku penunjang serta media papan tulis saja.Akibatnya suasana kelas menjadi monoton dan pasif, anakpun menjadi bosan dan tidak tertarik dalam kegiatan pembelajaran.Sehingga kemampuan membaca anak masih kurang. Permasalahan penelitian ini adalah: “Apakah melalui media puzzle 3 dimensi dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016-2017?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri yang berjumlah 20 anak.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing – masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi lembar penilaian unjuk kerja kemampuan membaca anak dan lembar penilaian observasi guru. Berdasarakan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle 3 dimensi dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI