MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA DADU PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA CERME KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

ST NUNIK KHOIRUL IFTITAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0330P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan di TK Dharma wanita Cerme, guru hanya menggunakan buku penunjang serta media papan tulis saja. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton dan pasif, anakpun menjadi bosan dan tidak tertarik dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga kemampuan mengenal konsep bilangan anak masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah: “Apakah penggunaan media dadu dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Dharma wanita Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014-2015 ?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Dharma wanita Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri yang berjumlah 20 anak. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian unjuk kerja kemampuan mengenal konsep bilangan anak, lembar observasi guru, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, perolehan prosentase rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui kegiatan bermain menggunakan media dadu meningkat dari siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 85%. Keberhasilan terjadi pada siklus II dengan diperoleh data prosentase rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan anak sebesar 85% melewati standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dadu dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014-2015. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru agar dalam proses pembelajaran menggunakan media yang menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar, misalnya menggunakan media dadu untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Kata Kunci : Kemampuan mengenal konsep bilangan, Media dadu

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI