MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MENGGUNAKAN MEDIA DAUN KLARAS (DAUN PISANG KERING) PADA SISWA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA GROGOL II DESA GROGOL KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SRIAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0329P

Abstract

ABSTRAK SRIAMI : Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Media Daun Klaras (Daun Pisang Kering) Pada Siswa Kelompok B Di TK Dharma Wanita Grogol II Desa Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014-2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci :Kemampuan Motorik Halus, Media Daun Klaras (daun pisang kering). Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwakemampuan motorik halus pada siswa kelompok B di TK DHARMA WANITA GROGOL II Desa GROGOL Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri masih rendah. Hal itu disebabkan karena kurang efektif dan efisiensi waktu pembelajaran, sumber dan media belajar yang hanya didukung oleh buku penunjang yang isinya kurang beragam, kurang bisa menarik perhatian, motivasi belajar anak, serta anak terlihat kurang antusias dan kurang telaten dalam pembelajaran terutama pada kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan motorik halus. Sehingga anak merasa bosan, cenderung bekerja semaunya sendiri. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media daun karas (daun pisang kering) mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak-anak di kelompok B TK DHARMA WANITA GROGOL II Desa GROGOL Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014-2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media daun klaras (daun pisang kering) mampu meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa kelompok B di TK DHARMA WANITA GROGOL II. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok B TK DHARMA WANITA GROGOL II yang berjumlah 25 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Harian (RKH), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), instrumen penilaian unjuk kerja kemampuan motorik halus anak dan lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media daun klaras terbukti mampu meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa kelompok B di TK DHARMA WANITA GROGOL II desa Grogol kecamatan Grogol kabupaten Kediri dengan prosentase rata-rata kemampuan motorik halus anak pada siklus I sebesar 69% dan prosentase rata-rata kemampuan motorik halus anak pada siklus II meningkat sebesar 88% dengan kriteria ketuntasan minimal sebesar 75%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan saran : (1) Bagi lembaga penyelenggara pendidikan mampu mengimplementasikan media daun klaras untuk membuat berbagai bentuk guna meningkatkan kemampuan motorik halus anak. (2) Bagi guru : guru harus mampu menggunakan media belajar yang tepat untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan menarik motivasi belajar anak misalnya media daun klaras. (3) Bagi orangtua : orang tua hendaknya mampu memperhatikan potensi yang ada didalam diri anak sehingga mampu mengembangkan potensi anak tersebut dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI