MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN SELOREJO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

PARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0327P

Abstract

ABSTRAK PARTI : Meningkatkan Kemampuan Pengetahuan Sains Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Selorejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Kemampuan Pengetahuan Sains, Metode Eksperimen Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di TK Dharma Wanita Persatuan Selorejo pembelajaran pengetahuan sains cenderung kurang variatif. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kurang variatifnya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sehingga pada akhirnya kemampuan pengetahuan sains anak menjadi rendah. Permasalahan dari penelitian ini adalah “Apakah Melalui Metode Eksperimen Dapat Meningkatkan Kemampuan Pengetahuan SAINS Pada Siswa Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Selorejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Selorejo. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, RKM, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui metode eksperimen terdapat peningkatan kemampuan pengetahuan SAINS anak terbukti dengan prosentase ketuntasan yang diperoleh pada setiap tindakan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 11% dari pra tindakan ke siklus I, 17% dari siklus I ke siklus II dan 21% dari siklus II ke siklus III. Hal ini berarti terjadi peningkatan kemampuan bereksperimen hingga mencapai ketuntasan sebesar 88%. Data tersebut di atas menunjukkan bahwa kondisi anak didik yang terlihat dalam proses pembelajaran telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bereksperimen dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman sains pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Selorejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Guru dapat mengembangkan keterlibatan anak dalam kegiatan pembelajaran serta pengadaan media atau alat peraga untuk membantu kegiatan eksperimen. (2) Untuk penelitian yang sama upaya peningkatan pemahaman pengetahuan SAINS yang peneliti lakukan bisa dijadikan pilihan tindakan. (3) Pihak lembaga menyediakan media-media pembelajaran yang menarik bagi anak, sehingga proses pelaksanakan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan perkembangan anak akan tercapai secara maksimal. (4) Orang tua disarankan untuk selalu mendorong anaknya untuk lebih rajin, dan lebih aktif dalam belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI