MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI KEGIATAN OBSERVASI PERTUMBUHAN KACANG HIJAU PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI SAMBIJAJAR KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
SEPTI DWI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0322
Abstract
Hasil pengamatan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di TK Negeri Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016-2017 masih dilakukan secara klasikal dan berpusat pada guru. Anak kurang dikenalkan dengan kegiatan observasi sehingga tak jarang anak heran dan bingung apabila ditanya tentang kegiatan observasi, sebagai contoh observasi pertumbuhan kacang hijau pembelajaran pengetahuan sains cenderung kurang variatif. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan, sehingga pada akhirnya kemampuan pengetahuan sains anak menjadi rendah. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah Apakah melalui kegiatan observasi pertumbuhan kacang hijau dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan sains pada kelompok B TK Negeri Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Negeri Sambijajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian, lembar observasi kegiatan pembelajaran, lembar observasi anak, dan lembar hasil penilaian unjuk kerja anak. Pada kegiatan pra siklus ketuntasan yang dicapai adalah 50%, kemudian pada siklus I ketuntasan belajar yang dicapai hanya sebesar 59%, dilanjutkan pada siklus II meningkat menjadi 68% dan meningkat lagi pada siklus III yaitu sebesar 77%. Simpulan hasil penelitian ini, melalui kegiatan observasi pertumbuhan kacang hijau dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan sains pada anak kelompok B TK Negeri Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016-2017.