MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN ESTAFET DI KELOMPOK B TK PERTIWI DESA TANJUNGREJO KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

TATIT DWI ARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0321P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa kemampuan motorik kasar anak di TK Pertiwi Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk masih rendah. Permasalahan ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan motorik kasar anak disebabkan oleh faktor efektifitas dan efisiensi waktu dimana buku penunjang dianggap lebih praktis dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga tingkat pencapaian perkembangan kemampuan motorik kasar anak menjadi kurang optimal. Rumusan permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah apakah penerapan permainan estafet dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Kelompok B TK Pertiwi Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 20 anak kelompok B TK Pertiwi Tanjungrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus menggunakan instrumen pengumpulan data berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, lembar observasi guru dan lembar penilaian unjuk kerja untuk anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan permainan estafet terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Dan hasil selengkapnya dapat peneliti paparkan sebagai berikut : dalam permainan estafet pada pra tindakan hanya memperoleh rata-rata 52,5%, pada siklus I mencapai 66,25% dengan kategori belum berhasil, sehingga diadakan perbaikan. Perbaikan pada siklus II dengan mengalami peningkatan sebesar 83,75% dengan kategori tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan estafet dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Berdasarkan simpulan dari hasil penelitian ini peneliti memberikan saran bagi guru hendaknya dalam proses pembelajaran dalam peningkatan kemampuan motorik kasar anak menggunakan media yang menarik dan beragam sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar. Kata kunci : kemampuan motorik kasar, permainan estafet

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI