MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DALAM MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “PUZZEL” PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B1, TK. PONDOK MENORO, TULUNGAGUNG, TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

YAYANG ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0320P

Abstract

ABSTRAK Yayang Anggraini: Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media “Puzzel” Pada Anak Didik Kelompok B1 di TK. Pondok Menoro Tulungagung, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, anak TK, media puzzle. Penelitian ini didasarkan pada hasil pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca permulaan anak yang akan masuk sekolah dasar masih kurang. Hal tersebut terjadi karena kurangnya minat anak untuk belajar dan media pembelajaran yang dipilih guru kurang efektif sehingga berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan membaca permulaan anak didik kelompok B1 TK. Pondok Menoro Mangunsari Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak didik kelompok B1 TK. Pondok Menoro Mangunsari Tulungagung, sehingga mereka siap untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang berikutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian yang berjumlah 15 anak, dan peneliti menggunakan beberapa instrumen untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi anak dan guru dan hasil tes belajar anak. Tahapan penelitian dilakukan dalam tiga siklus, yang mana masing- masing siklus terdiri dari empat tahapan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) media puzzle efektif diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga memicu anak untuk belajar lebih giat, (2) media puzzle mampu meningkatkan nilai kemampuan membaca permulaan anak, dan (3) media puzzle menjadikan anak lebih aktif dan komunikatif dalam proses pemebelajaran. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, media puzzle direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membaca permulaan pada khususnya dan beberapa aspek lain pada umumnya seperti kemampuan fisik motoric anaka dan kognitif anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI