MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1- 10 MELALUI PERMAINAN DADU PINTAR PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BENDUNGAN KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015
Author (Penulis)
KATMIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0317P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di kelompok A mengalami kesulitan pada pembelajaran bidang pengembangan kognitif, khususnya pembelajaran mengenal konsep bilangan, hal ini ditunjukkan adanya hasil belajar anak didik yang masih mencapat rata-rata bintang dua.
Rumusan permasalahan penelitian ini adalah apakah benar dengan penerapan permainan dadu pintar meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak di kelompok A TK Dharma Wanita Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan subjek penelitian anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen penelitian berupa lembar unjuk kerja anak dan lembar observasi guru
Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebanyak 65 % dikategorikan kurang, pada siklus II sebanyak 72 % yang dikategorikan belum tuntas dan meningkat menjadi 87 % yang dikategorikan tuntas pada siklus III.
Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 anak mulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan siklus III, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.