MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM KEGIATAN MENANAM MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B2 TK DHARMA WANITA PERSATUAN SUMBEREJO WETAN KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

SITI WARDATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0315P

Abstract

ABSTRAK SITI WARDATIN : Meningkatkan kemampuan kognitif dalam kegiatan menanam melalui metode eksperimen pada anak kelompok B2 TK Dharma Wanita Persatuan Sumberejo Wetan Ngunut Tulungagung. Skripsi, jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : kemampuan kognitif, kegiatan menanam, metode eksperimen Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran di TK Dharma Wanita Persatuan Sumberejo Wetan Kabupaten Ngunut Kabupaten Tulungagung selama ini pendidik selalu menggunakan metode penugasan dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak sehingga anak merasa jenuh, akibatnya anak susah menyerap pembelajaran yang diberikan sehingga keberhasilan pembelajaran belum maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah: “Apakah penggunaan metode eksperimen dalam kegiatan menanam dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B2 TK Dharma Wanita Sumberejo Wetan Ngunut Tulungagung?”Tujuan penelitiannya adalah 1) Memperoleh data tentang kemampuan kognitif dalam kegiatan menanam melalui metode eksperimen pada anak kelompok B2 sebelum dilakukan tindakan. 2) Melakukan tindakan berupa kegiatan eksperimen dalam pembelajaran dalam upayameningkatkan kualitas pembelajaran dankemampuan kognitif dalam kegiatan menanam pada anak kelompok B2.3) Mengumpulkan data tentang kemampuan kognitif anak dalam kegiatan menanam pada kelompok B2 setelah diadakan tindakan penelitian. 4) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan kognitif dalam kegiatan menanam pada anak kelompok B2 TK Dharma Wanita Persatuan Sumberejo Wetan Ngunut Tulungagung sebelum dan sesudah diadakan tindakan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B3 TK Dharma Wanita Persatuan Sumberejo Wetan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas anak. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan yaitu : penerapan melalui eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam kegiatan menanam pada anak kelompok B2 TK Dharma Wanita Persatuan Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, dibuktikan dari hasil rata-rata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 67%, kemudian pada siklus II sebesar 85% selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 98%. Dan untuk hasil rata-rata observasi kegiatan anak pada siklus I sebesar 62%, kemudian pada siklus II sebesar 71%, selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 95%. Jadi hipotesis penelitian ini dapat diterima yaitu penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen, dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam kegiatan menanam pada anak kelompok B2 TK Dharma Wanita Persatuan Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI