MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA TELEVISI AJAIB PADA ANAK KELOMPOK A TK TAMAN MARDISIWI KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
ANIK WIDJIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0313P
Abstract
ABSTRAK
Widjiani, Anik. Mengembangkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Media Televisi Ajaib Pada Anak Kelompok A TK Taman Mardisiwi Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : kemampuan berbicara, metode bercerita, media televisi ajaib
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran bahasa aspek berbicara masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kemampuan bahasa anak yang rendah yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media televisi ajaib dapat mengembangkan kemampuan bahasa aspek berbicara pada anak ?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Taman Mardi Siwi Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan istrumen lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi aktivitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam penggunaan media televisi ajaib untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan hasil belajar anak. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran penggunaan media televisi ajaib terbukti dapat meningkatkan kemampuan bahasa aspek berbicara. (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran penggunaan media televisi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.