MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI KEGIATAN PERMAINAN TEBAK HURUF DAN KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 1 PLOSOHARJO KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

MURJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0311P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa permainan Tebak Huruf dan Kata mampu mengembangkan kemampuan membaca karena kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK PERTIWI I PLOSOHARJO Kecamatan Pace Kabupaten Ngnjuk Tahun ajaran 2014/2015 masih kurang, yang artinya masih perlu adanya bimbingan dari guru khususnya dalam kemampuan membaca. Dan untuk mengatasi masalah tersebut diatas peneliti melaksanakan kegiatan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui kegiatan permainan tebak huruf dan kata.Yang mana kegiatan ini untuk menarik perhatian anak dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu : apakah melalui permainan tebak huruf dan kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK PERTIWI I PLOSOHARJO Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dengan sampel siswa kelompok B TK PERTIWI I PLOSOHARJO Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun ajaran 2014/1015 yang terdiri dari 26 anak. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi observasi dan unjuk kerja. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan kegiatan permainan tebak huruf dan kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK PERTIWI I PLOSOHARJO Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun ajaran 2014/2015.Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya prosentase ketuntasan belajar mencapai 77% sehingga sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebesar 75%, dengan menggunakan media gambar.Disarankan bagi guru TK hendaknya dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan kegiatan permainan untuk menarik perhatian siswa. Kata Kunci : Membaca, Permainan Tebak Huruf dan Kata.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI