MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENUNJUK LAMBANG BILANGANMELALUI PERMAINAN MOBIL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK MNU KHADIJAH V NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SULASTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0309P

Abstract

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENUNJUK LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN MOBIL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK MNU KHADIJAH V NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015 SULASTRI NPM : 13.1.01.11.0309P Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Program studi PGPAUD Hanggara Budi Utomo, M.Pd, M.Psi dan Rosa Imani Khan, M.Psi Universitas Nusantara PGRI Kediri Jl.K.H.Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706 ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan kognitif dalam menunjuk lambang bilangan di TK MNU Khadijah V Nganjuk tergolong masih rendah. Permasalahan ini disebabkan karena kurang tertariknya anak dalam proses pembelajaran kognitif. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan permainan mobil angka dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam menunjuk lambang bilangan pada anak kelompok A di TK MNU Khadijah V Nganjuk?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK MNU Khadijah V Nganjuk penilitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan instrumen berupa lembar penilaian penugasan anak, lembar observasi guru dalam kegiatan pembelajaran, penilaian indikator kemampuan anak dalam kegiatan pembelajaran, lembar skoring berupa tanda bintang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan permainan mobil angka dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam menunjuk lambang bilangan pada anak kelompok A TK MNU Khadijah V Nganjuk. Terdapat peningkatan kemampuan menunjuk lambang bilangan anak yaitu pada pra tindakan 37,5%, pada siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 62,5%, Siklus III sebesar 81,2% dengan kategori tuntas. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini melalui kegiatan permainan mobil angka dapat di buktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam menunjuk lambang bilangan pada anak kelompok A TK MNU khadijah V Nganjuk Tahun pelajaran 2014/2015 Kata Kunci : Kemampuan kognitif dalam menunjuk lambang bilangan, permainan mobil angka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI