MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN MEDIA PEMBERIAN CONTOH-CONTOH GAMBAR VARIATIF KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/1015
Author (Penulis)
BETY ERNAWATININGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0308P
Abstract
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN MEDIA PEMBERIAN CONTOH–CONTOH GAMBAR VARIATIF KELOMPOK A
DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II NGANJUK
BETY ERNAWATININGTYAS
NPM : 13.1.01.11.0308P
Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan - Program studi PGPAUD
Hanggara Budi Utomo, M.Pd, M.Psi dan Rosa Imani Khan, M.Psi
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Jl.K.H.Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal ukuran benda kecil-besar Kelompok A TK ABA II Nganjuk masih belum berkembang karena dalam pembelajaran mengenal ukuran benda masih belum optimal dan membosankan. Hal tersebut nampak masih ada anak yang merasa kurang percaya diri.Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan permainan menara gelang dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK ABA II Nganjuk?”. Dengan tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang kemampuan kognitif sebelum dilakukan tindakan, Melakukan tindakan berupa penerapan permainan menara gelang dalam pembelajaran sebagai upaya mengembangkan sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan kognitif anak dan juga Mengetahui ada tidaknya perbedaan antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.
Penelitan ini menggunakan pendekatan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK ABA II Kecamatan Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dan menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Lembar Observasi Guru , lembar Unjuk Kerja Anak. Dengan hasil ketuntasan pada tindakan siklus I sebesar 40 %, tindakan siklus II sebesar 73,33 %, dan tindakan siklus III sebesar 86,67%.
Kesimpulan hasil penelitian ini, bahwa penggunaan pembelajaran bermain peran dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal ukuran benda. maka dapat disimpulkan dengan penerapan kegiatan bermain menara gelang dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal ukuran benda dari besar-kecil pada anak TK.
Kata Kunci: Kognitif, Mengenal Ukuran Benda, Permainan Menara Gelang