MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN PLASTISIN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

SUKARMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0303P

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN PLASTISIN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 SUKARMI NPM : 13.1.01.11.0303P Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Program studi PGPAUD Anik Lestariningrum, M.Pd, dan Isfauzi Hadi Nugroho, M.Psi UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Jl.K.H.Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706 ABSTRAK Bermain plastisin merupakan suatu kegiatan yang digunakan peneliti untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak, dengan keterampilan tangan anak dapat memanipulasi bahan kreativitas dan imajinasi anak pun terlatih, juga dapat membangun kepercayaan diri. Setiap anak mampu mencapai tahap perkembangan motorik halus yang optimal asal mendapatkan stimulasi tepat. Metode pengembangan motorik halus antara lain menggunting, mewarnai, meronce, kolase, melipat kertas, gambar tempel, dan bermain plastisin. Dengan bermain plastisin anak belajar meremas, menggilik, menipiskan, dan merampingkannya, ia membangun konsep tentang benda dan melibatkan indra tubuhnya dalam dunianya, mengembangkan koordinasi tangan dan mata, mengenali kekekalan benda dan mengeksplorasi konsep ruang dan waktu. Subyek penelitian adalah anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal V Nganjuk yang berjumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti melakukan tindakan untuk memperbaiki kegiatan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan bermain plastisin. Hasil evaluasi siswa pada siklus I prosentase ketuntasannya 40% dan pada siklus II prosentase ketuntasannya 73% dan pada siklus III prosentase ketuntasannya 87%. Tingkat kemampuan anak dalam kemampuan motorik halus mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II, dan siklus III menunjukkan keberhasilan. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa bermain plastisin dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal V Nganjuk pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Plastisin, kemampuan motorik halus Anak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI