MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 – 10 MELALUI PERMAINAN KERETA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH IV NGANJUK


Author (Penulis)

SITI YULAIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0300P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak kelompok A TK Aisyiyah IV Nganjuk belum berkembang karena pembelajaran dalam mengenal konsep bilangan 1-10 belum optimal dan monoton serta membosankan. Hal itu tampak pada saat kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan 1-10 belum menggunakan media, anak hanya diberi tugas untuk mengerjakan saja. Sehingga mengenal konsep bilangan 1-10 ini masih rendah yang ditunjukkan pada saat anak mengurutkan bilangan 1-10 masih kebingungan dan belum tepat. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data tentang pengembangan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 serta mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 antara sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil penelitian siklus I anak yang mendapat bintang 1 = 20% bitang 2 = 45% bintang 3 = 20% bitang 4 = 15%. Dari hasil penilaian pada siklus I menunjukkan masih banyak anak yang belum memenuhi dalam ketuntasan kegiatan mengenal konsep bilangan 1-10. Pada siklus 2 anak yang mendapat bitang 1 = 0% bitang 2 = 40% bitang 3 = 26% bitang 4 = 34%. Dari hasil siklus II menunjukkan masih ada anak yang belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus III anak yang mendapat bintang 1 = 0% bitang 2 = 13% bitang 3 = 33% bitang 4 = 54%. Dari siklus III menunjukkan peningkatan lebih baik. Kesimpulan hasil penelitian ini, bahwa penggunaan permainan kereta angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Oleh sebab itu sebagai guru harus pandai-pandai menggunakan media atau alat permainan yang cocok untuk mendukung tercapainya kegiatan mengenal konsep bilangan 1-10 bisa dipahami dan dilakukan oleh anak. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa kegiatan mengenal konsep bilangan 1-10 sangatlah dibutuhkan oleh anak untuk mengembangkan kognitif anak terutama dalam mengenal konsep bilangan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI