MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 – 10 MELALUI PERMAINAN KERETA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH IV NGANJUK
Author (Penulis)
SITI YULAIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0300P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak kelompok A TK Aisyiyah IV Nganjuk belum berkembang karena pembelajaran dalam mengenal konsep bilangan 1-10 belum optimal dan monoton serta membosankan. Hal itu tampak pada saat kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan 1-10 belum menggunakan media, anak hanya diberi tugas untuk mengerjakan saja. Sehingga mengenal konsep bilangan 1-10 ini masih rendah yang ditunjukkan pada saat anak mengurutkan bilangan 1-10 masih kebingungan dan belum tepat.
Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data tentang pengembangan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 serta mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 antara sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.
Hasil penelitian siklus I anak yang mendapat bintang 1 = 20% bitang 2 = 45% bintang 3 = 20% bitang 4 = 15%. Dari hasil penilaian pada siklus I menunjukkan masih banyak anak yang belum memenuhi dalam ketuntasan kegiatan mengenal konsep bilangan 1-10. Pada siklus 2 anak yang mendapat bitang 1 = 0% bitang 2 = 40% bitang 3 = 26% bitang 4 = 34%. Dari hasil siklus II menunjukkan masih ada anak yang belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus III anak yang mendapat bintang 1 = 0% bitang 2 = 13% bitang 3 = 33% bitang 4 = 54%. Dari siklus III menunjukkan peningkatan lebih baik.
Kesimpulan hasil penelitian ini, bahwa penggunaan permainan kereta angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Oleh sebab itu sebagai guru harus pandai-pandai menggunakan media atau alat permainan yang cocok untuk mendukung tercapainya kegiatan mengenal konsep bilangan 1-10 bisa dipahami dan dilakukan oleh anak. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa kegiatan mengenal konsep bilangan 1-10 sangatlah dibutuhkan oleh anak untuk mengembangkan kognitif anak terutama dalam mengenal konsep bilangan