MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-20 MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
YUSTI SASMITANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0298P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengenalan konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Nganjuk masih rendah
Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah penerapan metode bermain kartu angka dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Nganjuk?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Nganjuk . Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen RKH, lembar instrumen penilaian unjuk kerja, lembar observasi aktivitas guru dan murid.
Hasil penelitian pada siklus I, prosentase anak yang mendapat bintang 3 dan bintang 4 adalah 40%, pada siklus II terjadi kenaikkan prosentase anak yang mendapat bintang 3 dan bintang 4 menjadi 65%, namun hal ini juga belum mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilakukan tindakan siklus III ketuntasan belajar anak tercapai, karena anak yang mendapatkan bintang 3 dan bintang 4 jumlahnya 85%.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Melalui penggunaan metode bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20. Dengan demikian kemampuan mengenal konsep bilangan anak dapat berkembang maksimal
Berdasarkan simpulan hasil ini, direkomendasikan : (1) bagi guru TK teman sejawat bahwa media kartu angka dapat digunakan untuk meningkatkan pengenalan konsep bilangan. (2) Bagi peneliti lain bahwa dengan media kartu angka yang lebih bagus dapat meningkatkan pengenalan konsep bilangan dengan lebih baik dan optimal
Kata Kunci : Konsep bilangan, Kartu angka