MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM TERPADU NURUL FIKRI REJOAGUNG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DIANA TRISNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0295

Abstract

Kegiatan pembelajaran di TK yang seringkali terjadi adalah aktivitas di kelas masih sangat monoton, kegiatan yang sering dilakukan adalah mengisi majalah sekolah atau mewarnai. Kondisi yang terjadi adalah rasa kepedulian anak terhadap sesama masih kurang, rasa percaya diri anak kurang, dan kebersamaan anak juga kurang. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan sosial anak adalah dengan kegiatan bermain peran. Melalui bermain peran, peserta didik mencoba mengeksplorasi hubungan-hubungan antar manusia dengan cara memperagakannya dan mendiskusikannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Islam Terpadu Nurul Fikri Rejoagung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016 – 2017 yang berjumlah 26 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), lembar observasi guru, dan lembar penilaian hasil penugasan siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada anak kelompok B TK Islam Terpadu Nurul Fikri maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode bermain peran terbukti dapat meningkatkan kemampuan sosial anak pada Kelompok B TK Islam Terpadu Nurul Fikri Rejoagung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016 – 2017. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada tindakan siklus I prosentase ketuntasan belajar sebesar 50%, naik sebesar 19,23% pada siklus II menjadi sebesar 69,23%, dan ketuntasan belajar pada siklus III sebesar 96,15% naik sebesar 26,92% dari siklus II. Disarankan hendaknya guru menerapkan metode bermain peran secara kreatif yang sesuai dengan materi/bahan pelajaran, sedangkan pihak sekolah agar melengkapi pembelajaran dengan sarana, prasarana, dan metode pembelajaran yang secukupnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI