MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN GO SMART DENGAN MEDIA CELEMEK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
PARTIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0294
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa di kelompok A TK Dharma Wanita Gondang Tahun Pelajaran 2016/2017 mengalami kesulitan pada pembelajaran bidang pengembangan mengenal konsep bilangan 1-10. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar anak didik yang masih mencapai rata-rata bintang dua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah dapatkah mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui permainan go smart dengan media celemek angka pada anak-anak kelompok A TK Dharma Wanita Gondang Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar penilaian unjuk kerja anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 dan lembar observasi guru dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Gondang Kabupaten Tulungagung yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak meningkat setelah dilaksanakan pembelajaran melalui permainan go smart dengan media celemek angka. Hal ini tampak pada persentase ketuntasan belajar anak pada pra tindakan sebesar 50%, pada siklus I sebesar 69 % dikategorikan kurang dan meningkat menjadi 81 % yang dikategorikan baik pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran melalui permainan go smart dengan media celemek angka terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak-anak kelompok A TK Dharma Wanita Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016-2017.