MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA SMART BOX PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN GILANGKECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

NANIK ERNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0293P

Abstract

ABSTRAK NANIK ERNAWATI :Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri melalui media smart box pada anak kelompok BTKDharma wanita Persatuan GilangKecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Skripsi, jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : kemampuan kognitif, bentuk-bentuk geometri, smart box Di Taman Kanak–Kanak pada Kelompok B sudah dikenalkan bentuk–bentuk geometri. Guru TK harus merencanakan, mendesain dan mengadakan pusat sumber belajar yang sesuai dengan metode pengembangan kognitif yang tepat untuk tingkat kemampuan anak-anak yang berbeda dalam satu kelas, hal ini tentunya sangat berhubungan pada pembelajaran yang berpusat pada anak. Kenyataan di lapangan masih banyak guru yang melakukan pembelajaran konvensional atau berpusat pada guru, mendominasi anak, memberi tugas dan tidak memberi kesempatan pada anak untuk mengemukakan gagasannya sendiri. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan media smart box.Media ini digunakan dibuat dari bahan kardus bekas dan beberapa bahan lain yang ramah lingkungan. Selain itu media pembelajaran smart box mudah diperoleh, tidak mahal dan efektif, serta dapat digunakan menambah semangat dalam motivasi belajar anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi, dan hasil penilaian unjuk kerja anak. Berdasarkan rumusan masalah, rumusan hipotesis dan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : penggunaan media smart box dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dari analisis yang didapat bahwa rata-rata kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung pada siklus I sebesar 67%, pada siklus II meningkat 73% dan pada siklus III meningkat menjadi 93% sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini DAPAT DITERIMA.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI