MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE POLA GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK PGRI 3 WINONG KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

SRI WINARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0279

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan motorik halus pada anak kelompok A di TK PGRI 3 Winong masih mengalami keterlambatan, hal ini karena rangsangan yang diberikan kepada anak kurang tepat sasaran. Kesempatan gerak anak luas, akan tetapi hal tersebut yang terstimulus atau yang selalu mengalami peningkatan adalah penggunaan otot-otot besar. Dalam hal penggunaan otot-otot kecil yang harus lebih ditingkatkan lagi agar tumbuh kembang anak dalam hal kemampuan motorik halus berkembang sesuai dengan tahap usianya. Kematangan anak didukung adanya stimulus atau cara yang tepat untuk lebih meningkatkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce pola geometri pada kelompok A TK PGRI 3 Winong Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok A TK PGRI 3 Winong Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016-2017. Data yang diperoleh berupa kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce pola geometri dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce pola geometri mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Prosentase ketuntasan belajar mengingkat dari pra tindakan sebesar 36% dan terjadi peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 50%, pada siklus II persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 65%, kemudian pada siklus III memperoleh presentasi sebesar 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui kegiatan meronce pola geometri dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A TK PGRI 3 Winong Tahun Pelajaran 2016-2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI