MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA FILM KARTUN “ IPIN DAN UPIN “ PADA ANAK KELOMPOK B TK. TABITHA PWKI I KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

YANA FARIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0277P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatandan pengalaman peneliti, bahwa pemebelajaranmenyebut bilangan 1-10 di Taman Kanak kanak khususnya kelompokA sangat membutuhkan kreatif guru utamanya penggunaan media. Akibat media yang terbatas, akhirnya kegiatan tidak bisa memotivasi peserta didik.Hal tersebut nampak pada minat belajar peserta didik yang rendah, yang akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penggunaan media ikan hitungdalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan menyebut bilangan 1-10 Penelitianinidilatarbelakangioleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses belajar mengajar di TK Tabitha PWKI 1 masih di dominasi oleh guru, sehingga kemampuan berbicara anak masih kurang dan hasil belajar anak juga masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui media Film Kartun “ Ipin dan Upin “ mampu mengembangkan kemampuanberbicara anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Tabitha PWKI I Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berbicara melalui kegiatan menonton film. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan berbicara anak meningkat, hal ini tampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I yaitu 41,17% yang dikategorikan kurang, siklus II menjadi 64,70% yang dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 82,35% yang dikategorikan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan menonton film “Ipin dan Upin” dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Tabitha PWKI I Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Ini menunjukkan hipotesis tindakan diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI