MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KEMANDIRIAN MELALUI MEDIA TELEGAMTUN PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA 9 KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
JOKO RESDIYANTORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0276P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kemandirian anak sangat kurang. Hal ini dapat terlihat dengan masih banyaknya anak yang belum mandiri dalam melaksanakan tugas sendiri sampai selesai, dan belum mandiri menjaga kebersihan diri sendiri dan mengurus diri sendiri (mampu mencuci dan mengelap tangan, makan sendiri, memakai dan melepas kaos kaki atau sepatu, buang air kecil sendiri) tanpa bantuan dari guru ataupun orangtua. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah media telegamtun dapat mengembangkan kemampuan kemandirian pada anak kelompok A Tk ABA 9 Kecamatan Pare Kabupaten Kediri?”
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 20 anak didik, terdiri dari 14 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak.
Hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan menggunakan media telegamtun dapat mengembangkan kemampun kemandirian anak. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dengan menggunakan media telegamtun dapat mengembangkan kemampun kemandirian anak. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I mencapai 35 % dikategorikan kurang, siklus II mencapai 65 % dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 95 % yang dikategorikan baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah media telegamtun dapat mengembangkan kemampuan kemandirian anak kelompok A Tk ABA 9 Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.