MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENARIK GARIS MELALUI MEDIA BUKU PETAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENGGAMBAR DIAWANG-AWANG PADA ANAK KELOMPOK A TK SITI MASITHOH BORO TAHUN 2014 / 2015


Author (Penulis)

KALIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0273P

Abstract

ABSTRAK Kalimah.2015, Mengembangkan Kemampuan Menarik Garis Melalui Media Buku Petak Dengan Menggunakan Metode Menggambar di Awang-awang pada Anak Kelompok A TK Siti Masithoh Boro Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Menarik Garis, Menggambar di Awang-awang Untuk memaksimalkan ketrampilan motorik halus pada anak diperlukan latihan-latihan yang tepat seperti, kemampuan melengkungkan telapak tangan, menggunakan jari telunjuk dan jempol untuk memegang suatu benda dan sebagainya. Menarik garis adalah salah satu jenis latihan motorik halus dengan cara menggambar atau menarik garis menjadi sebuah gambar dan akibat melihat gambar yang beraneka anak akan tertarik dan tidak lekas bosan. Ia tertarik untuk menebali suatu gambar yang sudah ada, dengan demikian tanpa tersadari akan melatih motorik halus anak. Permasalahan penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah penerapan pembelajaran mengembangkan kemampuan motorik halus, menarik garis, menggambar di awang-awang untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar anak? 2) Apakah penerapan pembelajaran mengembangkan kemampuan motorik halus, menarik garis, menggambar diawang-awang dapat meningkatkan motivasi belajar anak? Apakah penerapan pembelajaran mengembangkan kemampuan motorik halus, menarik garis, menggambar diawang-awang dapat meningkatkan hasil belajar anak? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian kelompok A TK Siti Masithoh Boro. Penelitian dilaksanakan dalam 3 Siklus. Menggunakan instrumen berupa RKH, Lembar Observasi Aktivitas Anak, Lembar Observasi Aktivitas guru, Kuisioner motivasi belajar, dan tes hasil belajar anak. Setelah diadakan pengamatan pada Siklus I, Peneliti mendapatkan hasil observasi seperti yang tertera pada tabel hasil pengamatan perkembangan kemampuan motorik halus anak yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, yaitu pencapaian rata-rata prosentase ketuntasan anak mencapai 47%-64% (skala 100%) Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa penelitian ketrampilan menarik garis, menebali gambar cukup efektif untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan prosentase ketuntasan belajar anak pada setiap kegiatan pembelajaran di setiap sklusnya. Hal ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dari kegiatan pada siklus I mengalami peningkatan yang lebih baik pada siklus II, sehingga dapat disimpulkan tindakan dalam penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui media buku petak dengan menggunakan metode menggambar diawang-awang mengembangkan kemampuan menarik garis pada anak Kelompok A TK Siti Masithoh Boro Tahun Ajaran 2014/2015 dapat berkembang dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI