MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYEBUT BILANGAN 1-10 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA IKAN HITUNG PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A SEMESTER 2 TK TUNAS RIMBA BESOWO KEC.KEPUNG KAB. KEDIRI TAHUN AJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

YUNI ATMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0272P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatandan pengalaman peneliti, bahwa pemebelajaranmenyebut bilangan 1-10 di Taman Kanak kanak khususnya kelompokA sangat membutuhkan kreatif guru utamanya penggunaan media. Akibat media yang terbatas, akhirnya kegiatan tidak bisa memotivasi peserta didik.Hal tersebut nampak pada minat belajar peserta didik yang rendah, yang akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penggunaan media ikan hitungdalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan menyebut bilangan 1-10 pada peserta didik kelompok A semester 2 TK Tunas Rimba Besowo? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian peserta didik kelompok A Semester 2 TK Tunas Rimba Besowo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, koesioner motivasi belajar dan hasil test belajar peserta didik. Hasil Prosentase pada siklus I; Dari 20 anak yang tuntas 20%, belum tuntas 80% (Bintang 1=25%, Bintang 2 = 55%, Bintang 3 = 15%, Bintang 4 = 5%). Hasil Prosentase pada siklus II; Dari 20 anak yang tuntas 60%, belum tuntas 40% (Bintang1= 0%, Bintang2 = 40%, Bintang3 = 40%, Bintang 4 = 20%). Hasil Prosentase pada siklus III; Dari 20 anak yang tuntas 80%, belum tuntas 20% (Bintang 1 = 0%, Bintang 2 = 20%, Bintang 3 = 50%, Bintang 4 = 30%). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1). Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penggunaan media ikan hitung untuk mengembangkan kemampuan menyebut bilangan 1-10. (2). Melalui siklus tindakan pembelajaran menggunakan media ikan hitung terbukti dapat meningkatkan motivasi. (3). Melalui siklus tindakan pembelajaran penggunaan media ikan hitung terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI