Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Bendera Berbisik Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

KASMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0271

Abstract

KASAR MELALUI PERMAINAN BENDERA BERBISIK PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BESOWO KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 KASMI NPM: 13.1.01.11.0271 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dema Yulianto. M.Psi. dan Itot Bian Raharjo, S.Pd., M.M. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa nilai kemampuan motorik kasar masih rendah. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru belum dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan materi yang disampaikan. Selain itu, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Untuk itu perlu adanya perubahan ke arah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar yaitu melalui permainan bendera berbisik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah anak belum mampu meningkatkan kemampuan motorik kasar dikarenakan kegiatan yang dterapkan guru, yang selalu monoton dan kurang menarik perhatian anak. Kedua guru tidak menggunakan alat dan media dalam menyampaikan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Kabupaten Kediri sebelum dan sesudah tindakan berupa permainan bendera berbisik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah anak kelompok pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tahap refleksi. Teknik penilaian menggunakan lembar observasi guru, dan lembar penilaian unjuk kerja anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 53,33% dari 15 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, kemudian pada siklus II hasil yang di dapat meningkat menjadi 73,34%, sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 86,67% anak telah memenuhi kriteria ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa melalui melalui permainan bendera berbisik dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Kemampuan Motorik Kasar, Permainan Bendera Berbisik

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI