MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS SEDERHANA MELALUI KEGIATAN EKSPERIMEN PENCAMPURAN WARNA PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A PAUD TUNAS BANGSA JAJAR KABUPATEN TRENGGALEK
Author (Penulis)
ANI SUDARYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0270
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti terhadap anak didik kelompok A PAUD Tunas Bangsa, bahwa dalam proses pembelajaran perkembangan kemampuan sains sederhana, guru tidak melakukan percobaan/eksperimen dan tidak menggunakan media atau peraga yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak didik belum memahami warna dasar dan warna campuran, sehingga kemampuan sains anak didik menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah dapatkah mengembangkan kemampuan sains sederhana melalui kegiatan eksperimen pencampuran warna pada anak kelompok A PAUD Tunas Bangsa Jajar?Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok Ayang berjumlah 17 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, satu siklus terdiri dari satu pertemuan.Teknik pengumpulan datanya adalah unjuk kerja dan observasi.Kesimpulan penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui kegiatan eksperimen pencampuran warna terbukti dapat mengembangkan kemampuan sains sederhana pada anak didik kelompok A PAUD Tunas Bangsa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar dari pra-tindakan sampai dengan siklus III yaitu pra-tindakan sebesar 29,5%, siklus I sebesar 52,9%, siklus II sebesar 70,6% dan siklus III sebesar 100%.