Mengembangkan Kemampuan Seni Melalui Kegiatan Mencetak Menggunakan Sayuran Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017
Author (Penulis)
NURLAILI ROJABIATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0263
Abstract
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SENI MELALUI KEGIATAN MENCETAK MENGGUNAKAN SAYURAN PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA MANGGIS KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
NURLAILI ROJABIATUN
NPM: 13.1.01.11.0263
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Hanggara Budi Utomo, M.Pd., M.Psi dan Itot Bian Raharjo, S.Pd., MM
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil penilaian, bahwa nilai kemampuan seni masih rendah. Hal ini dikarenakan dikarenakan guru hanya memberi tugas mewarnai dan menebali yang ada pada majalah TK, sehingga anak merasa bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui kegiatan mencetak menggunakan sayuran dapat mengembangkan kemampuan seni pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2016/2017?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui kegiatan mencetak menggunakan sayuran dapat mengembangkan kemampuan seni pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Kusuma Mulia Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Tagart yang terdiri dari tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tahap refleksi. Teknik penilaian menggunakan penilaian hasil karya. Hipotesis tindakan diuji dengan teknik deskriptif kuantitatif, dengan cara membandingkan kemampuan seni sebelum dan sesudah dilakukan tindakan dengan batas ketuntasan minimal 75%. Hasil penelitian ini adalah bahwa pada siklus I sebanyak 55% dari 20 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, kemudian pada siklus II hasil yang di dapat meningkat menjadi 70%, sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 85% anak telah memenuhi kriteria ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan mencetak menggunakan sayuran dapat mengembangkan kemampuan seni pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: kemampuan Seni, Mencetak, Menggunakan Sayuran