MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA BUKU AMPLOP PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PUNCU KECAMATAN PUNCU TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
FITRI SEPTI ARIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0262
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti dalam kegiatan pembelajaran menulis dan membaca menggunakan buku yang kurang menarik diketahui bahwa dari 15 anak didik, hanya 1 anak yang mendapatkan nilai bintang 4 (????) 3 anak yang mendapatkan nilai bintang 3 (???), sedangkan 6 anak yang mendapat nilai bintang 2 (??),dan 5 anak yang mendapatkan nilai bintang 1 (?). Sehingga kemampuan membaca pada anak belum bisa berkembang, maka perlu diadakan penelitian tindakan kelas sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca dengan media buku amplop pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek Penelitian adalah kelompok B TK Dharma Wanita Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri.yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 Siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan 10% anak yang mendapatkan (???) 3 dan (????) 4 dari siklus pertama ke siklus II, dan 13,3% dari siklus II ke siklus III. Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan kemampuan membaca anak sebesar 23,3%, jadi penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku amplop pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Puncu ini membuktikan bahwa hipotesis diterima.