MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA “ROBOT PINTAR” PADA ANAK TK A PAUD SMART KID’S 1 PLEMAHAN KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
AL QUBRA MAEKA DWIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0257
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan Pada Anak TK A PAUD Smart Kid’s 1 Plemahan Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada saat kegiatan pengembangan kemampuan membaca masih banyak anak didik yang belum tuntas dalam kegiatan tersebut. Hal ini terjadi dikarenakan guru belum menemukan media yang tepat untuk mengembangkan kemampuan membaca
Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media Robot pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak TK A PAUD Smart Kid’s I Plemahan?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca awal pada anak TK A PAUD Smart Kid’s 1 Plemahan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ini model kemmis dan taggart yang di dalam siklus atau putaran terdiri atas empat komponen yang dilaksanakan secara bertahap. Keempat komponen tersebut adalah : (a) Perencanaan, (b) tindakan, (c) Observasi, dan (d) refleksi. Sedangkan subjek penelitianya adalah anak TK A PAUD Smart Kid’s 1 Plemahan sejumlah 20 peserta didik. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan ketuntasan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Tindakan dinyatakan berhasil jika ketuntasan mencapai sekurang-kurangnya 75%..
Hasil dari penelitian SIklus I diperoleh prosentase kebarhasilan sebanyak 60%, Siklus II perolehan nilai ketuntasan sebanyak 70% dan siklus III diperoleh ketuntasan sebasar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Robot pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak anak TK A PAUD Smart Kid’s 1 Plemahan Tahun Pelajaran 2016/2017.