MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-5 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA STIKER ANGKA PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN AL-ARQOM BEDUG KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

AINI FATMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0256P

Abstract

ABSTRAK Kemampuan mengenal bilangan menghendaki ketepatan dan kelancaran dalam mengenali angka, menyebut angka, menunjukkan angka, jumlah dan urutan. Dalam kemampuan mengenal bilangan menggunakan media stiker angka dapat merangsang anak untuk lebih mengembangkan kemampuan mengenal bilangan. Dalam hal ini guru dituntut agar memotivasi anak untuk mengembangkan ide-idenya atau gagasan secara tepat. Rumusan masalah penelitian yaitu : “Apakah penggunaan media stiker angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan mengenal bilangan 1-5 pada anak kelompok bermain Al-Arqom Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014-2015?” .Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang mengacu pada rancangan model Kemmis dan Taggart (1988) dengan 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain yang berjumlah 15 anak terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Instrument yang digunakan antara lain RKM, RKH, instrument observasi untuk anak dan guru serta tabel penilaian untuk anak. Data tentang kemampuan mengenal bilangan anak dalam pembelajaran diperoleh dari observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan rumus persentase. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan mengenal bilangan anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan pada Siklus I 33,33%, Siklus II menjadi 53,33% , Siklus III menjadi 86,67%. Berdasarkan latar belakang masalah, rumusan masalah, dan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa tindakan yang berbunyi penerapan penggunaan “Stiker Angka” dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan mengenal bilangan 1-5 pada anak kelompok bermain Al-Arqom Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari kesimpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : (1) Bagi guru KB hendaknya lebih meningkatkan efektifitas penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar dan salah satu jenis media yang efektif untuk mengembangkan kemampuan mengenal bilangan anak adalah menggunakan media stiker angka. (2) Bagi kepala KB hendaknya Kegiatan mengenal bilangan dapat dikembangkan dengan menggunakan media stiker angka, maka disarankan sekolah memfasilitasi pembuatan media stiker angka, agar kegiatan pembelajaran di dalam kelas berjalan sesuai denga tujuan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI