MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI SENAM SRIBU PADA ANAK KELOMPOK A-1 TK AL-ARQOM DESA BEDUG KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SUHARNETIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0252P

Abstract

ABSTRAK Suharnetik:Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Senam SRIBU Pada Anak Kelompok A-1 TK Al-Arqom Desa Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci :kemampuan fisik motorik kasar, senam SRIBU Kemampuan motorik kasar anak Kelompok A-1 TK Al-Arqom Desa Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri masih rendah disebabkan kurang beragamnya aktivitas motorik kasar, kurang optimalnya penggunaan media belajar dan sumber belajar,penggunaan waktu, buku penunjang dianggap lebih efektif dan efisien dalam pembelajaran dan keinginan orangtua yang hanya mengutamakan kegiatan baca, tulis dan berhitung. Permasalahan penelitian ini adalah “apakah Senam SRIBU dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak?” Jenis penelitian yangdigunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) Model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A-1 TK Al-Arqom Desa Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Instrument yang digunakan antara lain RKM, RKH, instrument observasi untuk anak dan guru serta table penilaian untuk anak. Data tentang kemampuan motorik kasar anak dalam pembelajaran diperoleh dari observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan rumus persentase. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan senam SRIBU dalam pembelajaran dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak pada anak kelompok A-1 TK Al-Arqom Desa Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Saran bagi guru TK hendaknya dalam kegiatan pengembangan motorik kasar anak dilakukan dengan kegiatan permainan, gerakan motorik yang sederhana bisa diiringi musik/ lagu yang menarik, bagi orangtua haruslah bisa mengarahkan anak untuk melakukan kegiatan permainan yang bermanfaat untuk perkembangan anak, dan bagi peneliti lain, bisa dijadikan referensi dan sumber informasi terkait dengan perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI