MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN MANIK – MANIK PADA KELOMPOK A TK PANCAMURNI AL – USMAN KERTOSONO TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015


Author (Penulis)

IIM ROATUL MARDIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0250P

Abstract

Kata Kunci : Motorik halus, meronce,manik – manik Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa kemampuan motorik halus melalui kegiatan meronce dengan manik – manik pada anak kelompok A TK Pancamurni Al – Usman Kertosono masih sangat rendah. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan kegiatan meronce dengan manik – manik dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Pancamurni Al – Usman Kertosono ? Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing – masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Pancamurni Al – Usman Kertosono dengan jumlah anak didik 16 anak,terdiri dari 8 anak perempuan dan 8 anak laki – laki.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan meronce dengan manik – manik dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Sebelum dilakukan tindakan, ketuntasan belajar masih mencapai 40% ( 8 anak ). Setelah dilakukan tindakan, ketuntasan belajar menjadi meningkat.Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 50% ( 6 anak ) .Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 62% ( 8 anak ).Pada siklus III ketuntasan belajar mencapai 79% ( 11 anak ).Sehingga hipotesis tindakan diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa penerapan kegiatan meronce dengan manik – manik dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Saran yang disampaikan kepada Kepala TK agar memotivasi guru lain melaksanakan PTK untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Dan untuk guru TK apa yang sudah dilakukan peneliti bisa dijadikan pilihan tindakan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI