MENGEMBANGKAN KEMAMAPUAN BERHITUNG 1-0 MELALUI PERMAINAN GELANG SEMUT ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BADAS DESA BADAS KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
NOVI MUFARRIHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0245
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah anak kelompok A yang mengalami kesulitan berhitung 1-10. Dari peserta didik yang berjumlah 15, 1 anak mendapat bintang empat (BSB) dengan persentase 6,67%, 3 anak mendapat bintang tiga (BSH) dengan persentase 20%, 3 anak bintang dua (MB) dengan persentase 20%, dan 8 anak mendapat bintang satu (BB). Yang dinyatakan berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB) hanya 26,67% yang artinya ketuntasan berhitung anak belum tercapai. Masalah ini akan dipecahkan melalui permainan gelang semut, rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah melalui permainan gelang semut mampu mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok A TK Dharma Wanita Badas desa Badas kecamatan Badas kabupaten Kediri”.
Desain yang dipilih untuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan 4 komponen: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi dengan 3 Siklus. Tehnik pengamatan data tentang kemampuan berhitung peserta didik adalah unjuk kerja. Hipotesis tindakan diuji dengan cara membandingkan kemampuan berhitung 1-10 sebelum dan sesudah dilakukan dengan batas ketuntasan minimal 75%.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah tindakan siklus III selesai mencapai angka ketuntasan 80% dengan demikian hipotesis tindakan diterima. Kesimpulan adalah bahwa permainan gelang semut dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Badas Desa Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri.
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa permainan gelang semut dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Badas Desa Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.