MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI MEDIA POHON PINTAR ANAK KELOMPOK A TK AL FATAH KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ISTAMIK NURIL LAILI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0244

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pengamatan di TK Al Fatah Badas. Peneliti menemukan adanya masalah yaitu kendala dalam menarik minat belajar anak terhadap peningkatan pemilihan media yang kurang tepat dan monoton sehingga anak kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena penggunaan media yang kurang menarik minat belajar anak. Berdasarkan hasil pada pra tindakan dari peserta didik yang berjumlah 20 yang mendapatkan bintang 4 sebanyak 3 anak dengan persentase (15%), bintang 3 sebanyak 4 anak dengan persentase (20%), bintang 2 sebanyak 3 anak dengan persentase (15%), dan yang mendapatkan bintang 1 sebanyak 10 anak dengan persentase (50%), yang artinya ketuntasan belajar anak belum tercapai. Masalah ini akan dipecahkan melalui media pohon pintar.rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui media pohon pintar dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK A l Fatah Kecamatan Badas Kabupaten Kediri? Desain yang dipilih untuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis dan Taggart dengan 3 siklus. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah teknik untuk kerja untuk mengumpulkan data tentang kemampuan berhitung peserta didik dan teknik observasi untuk mengumpulkan data tentang proses belajar pembelajaran pada pada saat setiap siklus tindakan dilaksanakan. Hipotesis tindakan diuji dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan kemampuan berhitung sebelum dan sesudah dilakukan tindakan denagn batas ketuntasan maksimal 75%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah tidakan siklus III selesai dilaksanakan ketuntasan belajar anak mencapai 80%, dengan demikian hipotesis tinndakan diterima. Kesimpulannya adalah bahwa media pohon pintar dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK Al Fatah Badas. Berdasaran kesimpulan selanjutnya diajukan saran sebagai berikut. Bagi guru TK/RA Kelompok A, jika guru menghadapi masalah, yaitu kemampuan anak dalam berhitung 1-10 belum berkembang hendaknya dipecahkan melalui media pohon pintar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI