MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEDIA SPON WARNA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A TK AL-FATH PARE
Author (Penulis)
LILIK NURAININ
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0242P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan fisik motorik halus anak didik masih sangat lemah.Akibatnya kemampuan anak dalam fisik motorik halus seperti menggunting,merobek kertas,menggambar,menarik garis,menjahit,dan lain-lain hasil penilaiannya sangat rendah.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah dapat dirumuskan permasalahan yaitu “ Melalui kegiatan menganyam dengan menggunakan media spon warna dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik halus anak didik kelompok A TK Al-Fath Pare.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Tindakan Kelas ( PTK ) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Al-Fath Pare,dan dilaksanakan dalam 3 siklus menggunakan teknik unjuk kerja dan hasil karya.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan kwalitas dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik halus melalui kegiatan menganyam menggunakan media spon warna dapat meningkat, (2) Melalui siklus tindakan menggunakan media spon warna dapat mengembangkan mengembangkan kemampuan fisik motorik halus, (3) Melalui siklus tindakan dengan menggunakan media spon warna dapat mengembangkan hasil belajar anak didik.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini,direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan media spon warna adalah untuk mengembangkan kemampuan fisik motorik halus .Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana gembira dan menyenangkan, (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah dengan menggunakan media spon warna dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik halus.
Kata Kunci : Kemampuan fisik motorik halus,media spon warna