MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DENGAN MEDIA TABUNG WARNA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD SMART KIDS I PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

JULIJANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0237

Abstract

Abstrak Julijanti: Penggunaan media tabung warna untuk mengembangkan kemampuan mengenal warna pada anak Kelompok A PAUD Smart Kids I Plemahan, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri,2017 Berdasarkan hasil penilaian kemampuan mengenal warna anak kelompok A PAUD Smart Kids I Plemahan ditemukan masalah. Masalah tersebut adalah anak mendapatkan bintang 3 dan 4 hanya 22,22%.. Dari 18 anak yang dinyatakan tuntas dalam perkembangan mengenal warna baru 4 anak. Masalah ini akan dipecahkan dengan menggunakan media tabung warna. Dengan demikian rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah melalui kegiatan dengan menggunakan media tabung warna dapat mengembangkan kemampuan mengenal warna anak kelompok A Paud Smart Kids 1 Plemahan? “ Rancangan yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis Taggart yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana dalam setiap siklus dilaksanakan satu kali tindakan pembelajaran dengan subyek penelitian anak kelompok A PAUD Smart Kids I Plemahan Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik unjuk kerja dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan ketuntasan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Tindakan dinyatakan berhasil jika mencapai norma ketuntasan sekurang-kurangnya 75%. Hasil analisis data menunjukkan setelah dilakukan tindakan pembelajaran 3 siklus ketuntasan belajar mencapai 88,89%. Angka ini lebih besar dari ketuntasan sebelum dilakukan tindakan dan lebih besar dari angka yang dipakai untuk norma pengujian yaitu 75%. Artinya hipotesis tindakan dinyatakan diterima dan kesimpulannya media tabung warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak kelompok A PAUD Smart Kids I Plemahan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran sebagai berikut bahwa penggunaan media tabung warna dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu pilihan alternatif cara untuk meningkatkan kemampuan dalam mengenal warna. Kata Kunci: media tabung warna, mengenal warna

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI